Tuesday, October 16, 2007

Lebaran di negara jiran

Lebaran udah lewat tapi capeknya masih ngendon. Gara-garanya sbl lebaran bersih2 rumah plus nge cat kamar si Umi.
Seperti biasa klo lebaran disini aku sempatin buat opor ama sambel goreng ati (suami suka banget) meski pake ketupat plastik hiks, yg penting pengobat rindu lebaran di jawa. Yg bikin sesak dada tuh si kriwil, tiap kali dia minta lebaran di rumah pak dhe nya (semarang), dia bilang kog nggak siap2 baju, nanti naek taxi dulu trus pesawat ya..disana bawa minyak angin ya...nanti maen bunga apa sama pak dhe ya...jgn lupa dot nya dibawa....duh....
Tapi untung waktu pas lebarannya dia udah gak rewel lagi, malah minta sholat Ied lagi. Kami sholat Ied di USM.

Acara lebaran kali ini amat padat dan memuaskan, dari lebaran hari pertama sampe ke 3 penuh dengan undangan temen-temen melayu. Tradisi lebaran disini agak beda ama di Indonesia, biasanya segerombolan anak-anak (5-10th) akan berkunjung dari kampung ke kampung ngumpulin uang receh(uang raya) . Biasanya setiap rumah ngasih 20 sen(kira2 rp.250) , hitung aja sendiri klo bisa muter 3kampung, berapa rumah coba?? (tauk deh).

Karena disini ada beragam kaum(india,cina, sabah,...) nggak semestinya mereka bisa sesuka hati dateng kerumah buat ikut ngadain perayaan, kecuali diundang. Tapi ini berlaku buat temen aja tidak berlaku buat tetangga ato sodara. Laen lagi klo diadakannya open house siapa aja boleh dateng tanpa terkecuali selain bakal dapat makanan lebaran gratis + uang raya. Tapi biasanya yg ngadain open house ini para datuk, datin, pejabat, artis.

Kali ini kami dpt bbrp undangan, itupun nggak semua bisa terpenuhi ( sorry banget), tapi yg pasti with or without invitation kami selalu berkunjung ke sohib melayu yg udah ke' sodara.
Sebetulnya mo cerita banyak tapi kog bawaan masih males aja, cerita hidangannya aja ah (pamer dot com).
Lebaran hari pertama:
- dirumah sohib, hidangannya ketupat (ketupat sini pulut pake santan, kayak lepet nya kita), rendang kambing, ayam masak merah (pesenan suami), ayam goreng, bihun, eh..ada nasi goreng.
- dirumah sohib ke2, hidangannya: Mie Udang, ketupat serundeng daging
- yg ini gak ada rencana mo datang, tapi tiba2 aja waktu mo pulang dia nongol jadi mesti mampir jg, hidangannya laksa penang
- dirumah temen, sbtlnya udah teler tapi berhubung udah bilang mo datang ya...gimana lagi, hidangannya: ketupat , rendang, Mi Kuah daging, acar nanas, nasi goreng
Huahhhh...sampe rumah tinggal tepar nggak doyan apa2 neg banget ama ketupat.

Lebaran hari ke2, maen kerumah mertua temen (yg udah ke' sodara itu) ini kali ke tiga kami kesana, hidangannya asyik banget coy!! makanan kampung asli!! Ini klo inget masih cleguk an jg.
Ikan goreng, ikan masak asam, kari ikan, udang masak merah, sayur bumbu kuning campur udang, lalapan, yg paling susah ngelupain lalapan ama sambel terasi!!hmmm yummy.
Udah makanan enak, dikampung yg memang kampung hawanya laen, halaman luas sampe anak2 nggak mau pulang, wah repot klo yg ini.

Lebaran hari ke3:
- dirumah temen jumatan suami (klo jumatan mesti janjian, pdhl beda pabrik) skrg jadi temen baek jg, hidangannya: Nasi ayam ama laksa.
- diundang ke kenduri kawin sodaranya temen (gak kenal oiiii), ini gara-garanya si ibu pengantin pengin banget liat orang jepang pdhl jepangya udah luntur(huahahaha).
Eh..bener jg sampe sana ibunya pengantin yg lincah ngajakin ngomong dripd pengantinnya. Untung cuma pengin liat 'n ngobrol aja nggak pengin yg laen.
Oya' lupa hidangannya, karena datengnya udah lambat cuma dpt sisa makanan(tp bukan sampah loh hehehehe), yg pasti bukan ketupat, nasi, sup belut, kari daging , ayam masak kecap, rendang kambing

lebaran hari ke4:
suami udah mulai kerja, harusnya duo kwek2 jg tapi dibolosin gara2 emaknya males nganter, hidangannya Indomie!!!

Tak lupa juga kami sekeluarga mengucapkan "Minal a'idzin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin"

*foto2 dpt diintip
disini

31 comments:

Ely Meyer said...

foto sunsetnya cuantik sekali !! itu di foto dari rumah sampeyan ya Jeng? terus foto mesjidnya unik ya .

Aku juga biasa bikin ketupat di plastik, tapi lebaran tahun ini nggak, males :)kalau opor ayam sih menu wajib lebaran ^_^

amethys said...

wadooooo....bacanya aja sampai klenger, aseek banget tuh lebarannya
tapi emang lebaran selalu meriah dinegri yg merayakan lebaran...disini yg ngucapin lebaran ke aku bisa dihitung jari tangan....

kenny said...

@ ely, iya diambil dari balkoni tuh nunggunya mulai abis subuh an :D
@ amethys, masih neg2 an ketupat ama rendang sampe skr

de said...

Lebaranmu kok enak men jeng. Aku loro, ndak solat ied hiks. Gak bs makan2 soale lorone diare :(

Iman Brotoseno said...

minal aidin wal faidzin. maap maapan

Pemburu Sunset said...

hi..hi..hi..ketahuan kalau aku gila sunset ya, lha sunrise tak kiro sunset :D

Innuendo said...

naek gak timbangannya ?

kenny said...

@ de, oalah tho yuuuuu kog mesakke temen malah diare, seiki wes mari tho?
@ imanbrotoseno, sama2 mas saling memaafkan
@ innuendo, oooohhh jelass!!!! puasa turun sekilo, lebaran 3hr naek 4kg :D

:::susie::: said...

met lebaran ya Ken , yuk maaf2an ya , anak2mu manis en cantik2 ..mirip2 papanya ya , eh papanya keik org Jepang ya ?? atau emang iya ??

sinceyen said...

Hehehe... naek brapa kilo tuh Ken? ;p

Anang said...

makan2 teruss.... awas bahaya kegendutan

mata said...

muakan terus...
tapi ya ngga apa apa. rame ken. disini juga muakan muakan... halal bihalal terus. cuapek tapi seneng.

Totok Sugianto said...

Mumpung masih suasana lebaran saya mengucapkan Minal Aidzin wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

lierieh said...

mohon maaf lahir bathin tante, sminggu gak masak tuh keliling2 trs dpt undangan makan.
Ken dirmhku sisa lebaran byk banget nih tp cucian smua, dah 1 minggu ga nyuci baju neh, bantuin dooooong...

wkurniawan said...

maap, maap deh... boleh sungkem ndak??? :)

kenny said...

@ susie, thx maaf lahir batin jg. Heheehe emang bapaknya anak2 berdarah samurai berhubung dah lama disini jadi luntur.
Btw, kog susah banget ngisi komen diblogmu.
@ sinceyen, brp yah...bentar ngitung pake jari :P
@ anang, hahaha emang udah
@ mata, iya emang seneng tapi awasss kerjaan dah numpuk tuh
@ totok, makasih maaf lahir batin jg
@ lirieh, sini..sini cuciannya aku loakin hahahahah
@ wku,harusnya sungkem budhe tho yo :D

rudi said...

Indomie sampe sana juga ya ?

mitora in life said...

wah, mba... tradisi anak2 yang keliling kampung buat minta angpaw tuh di indonesia juga ada kok mba... mitra dulu waktu kecil malah jadi salah satu pasukannya :P

hehehe...

kw said...

asyik juga lebaran di negeri orang. selamat lebaran ... maa lahir batin

Fany said...

wah ngiler baca hidangannya. renang kambing aku blm pernah makan...

btw maaf lahir batin juga, mbak... ayo kapan ke semarang :D

bauer abis mudik said...

naik 4 kilo ?? beneran kuwi? walaaaah....ayo, treadmill....

CempLuk said...

cempluk ngucapin : mhn maaf lahir batin y ..seru juga cerita lebarannya..

aroengbinang said...

meski sudah semingguan klewat, teteup mo ngucapin met lebaran, mohon maaf lahir batin ya jeng...

kapan2 giliran ngundang ya jeng :)
salam

gaussac said...

minal aidzin wal faidzin.
emang disana lebaran berapa hari??? panjang bangeeedd...:D

-Fitri Mohan- said...

minal aidin wal faidzin lagi yaa. :))
btw, itu acara lebaran pertamanya lucu banget. aku ngakak ngekek bacanya.

:::susie::: said...

oh saya bener yah , ternyata si Mas Mr.Samurai ..

kenny said...

@ rudi, klo gak ada mo dkirimin??
@ mitora, yah..enak aku kog dulu gak ada ya, cuma dari sodara aja
@ fany, bedanya cuma rasa daging kambing :D, th depan kali mudik
@ endang, gak brani nimbang ngukur pake celana aja :P
@ kw, cempluk, iya seru
@ aroengbinang, bener datang klo diundang??
@ gaussac, panjangan di Indonesia
@ fitri,halah malah ngakak ki

mei said...

mantheb tenan...mesti mundhak lemu awakmu =)

crushdew said...

wah kulinere..ga kuat...mantaps...

ndahdien said...

lho koq omah-ku dilewatin, padahal dah disediain pecel+pecak lele+rempeyek:D
Maaf Lahir Batin yo mba' yu.. ga' telat to??

elly.s said...

met lebaran ken..heboh amat ya...
aq juga off selam puasa n lebaran karena kebanyakan acara...
sisa waktu buat ibadah dong..(cieeee...)

belom pengen liburanebaran ke terengganu he..he..he..??