Tuesday, December 26, 2006

..wedang..


Sudah menjadi kebiasaan klo kita mertamu ato ditamoni suguhan pertama adalah wedang bahasa keren nya minum. Bahkan klo kita lagi beruntung tuan rumahnya gi baek banget kadang ditawarin mo minum panas apa dingin. Laen lagi klo kita mertamu dirumah temen yg sering kita kunjungi yah ambil sendiri ato tanpa basa basi gak usah pake suguhan (ndak tuman...hehehehe).

Kemarin buat ngisi libur, mendadak pengin banget berkunjung kerumah temen(org melayu). Lumayan deket jg paling nggak ketemu ama kluarga dia setahun 2kl biasanya waktu lebaran.
Mendadak disini maksudku biar gak ngerepotin biar gak usah pake acara masak besar sgala, soalnya mereka slalu nyiapin macem-macem klo kami datang.
Perjalanan kerumah mereka lebih kurang 25 menit dari rumahku.

Seperti biasa juga yg selalu bikin aku heran klo mertamu ke rumah dia...wedangnya lama amirrrrrr kluarnya. Sampe abis stok air dimulut jg gak kluar-kluar (Duh...).
Pertama dulu kirain kelupaan, kedua, ketiga..dst ternyata kebiasaan, tp dirumah temen laen lumayan cepet jg air minum kluar.
Kebetulan temenku itu selalu ngluarin air bersamaan dengan hidangan makan. Meskipun kemarin mendadak ternyata mereka masih sempet pesen lauk di warung (ternyata malah tambah ngrepotin yah). Lha untung kemarin pesen, klo masak sendiri bisa-bisa nunggu dia belanja sampe abis masak, mampuih deh.

Buat kita yg tua-tua bisa nahan diri, lha buat anak-anak bablas deh...."Ma..kog gak dikasih air minum sih...Ma...mana airnya,..haussss, kenapa gak minum-minum...". Wes..ewes...ewess ooii.
Mo ambil sendiri gak enak jg biarpun temen baek tp mungkin gak sama kan ama pikiran orang kita yg sok akrab sok cuek(pizzzz deh..), ntar dikira ini orang kog cluthak, gak sabaran kan bisa menurunkan martabat kita sebagai WNI (halah..!!).

Nah bener juga air es kluar barengan ama makanan, wussss....langsung abis air es nya, eh..waktunya disuruh makan dah kembung...perut, kenyang ama air.
Padahal hidangannya macem-macem, ikan bakar, ayam bakar, daging bakar(bukan sate), kari ikan, telur dadar, sup, plus sambel yg bikin ngiler.
Yah demi menghormati tuan rumah yg sudah bersusah payah nyiapin, kami pun santap makanan(halahhh padune yo luwe ding).

nb: gambar diambil dari koleksi pribadi

21 comments:

suhaemy said...

kalo wedangnya keluarnya lama ya cucuk laah kalo pas keluar disertai aneka makanan yang uenak-uenak. Mau dunk mertamu kesana..

passya said...

klo di riau paling di sindir: di sini sedang musim kemarau ke?

kawula alit said...

apik neh to, yen bareng banyu es entek disruput, ono tembung ngene budhe, "mbak.. anu.. nuwun sewu.. niku sing di unjuk toya kobokan.. kangge dahar mangkih.."

naaa... konangan naluri kebuasane.. opo opo mlebu weteng..

tapi malah sehat lho.. cacing cacing sing neng weteng ndang gagean metu.. "metu nda.. bosse kemproohhh...!!"

joni said...

he eh.. mbak kenny kalo di palembang sindirannya sama dgn di riau n terkadang macem2 sprt gak ada air pam ya? or gak hidup ledeng disini ya?.. hehehe...

btw
ya memang susah kalo kita dinegeri orang.. lain budaya lain kebiasaan...

tapi walau keluarnya lama... yang keluarnya borongan.. *seabreg2*

jadi ngences nih :D

Ely said...

sebelum aku bertamu ke temenku yg orang ceko sama spanyol, biasanya mereka bertanya ke aku dulu, ntar mau minum apa, jadi biasanya sampai di rumah mereka sudah tersedia cemilan dan minuman, orang sini biasa to the point sih, jadi enak, nggak ewoh2an.

Hedi said...

Kalo tuan rumah kelamaan ga ngasih minum, aku suka bilang, "eh aku pulang dulu ya..."

Tuan rumah bingung dan aku jawab mau ambil minum...baru deh dia ngeh :D

dirac said...

kalo di Oz, orang bertamu itu nggak harus selalu disuguhi minuman. tapi kalo haus ya boleh minta. pokoknya to the point aja.

budhe said...

Wah, ada cara baru menghormati tuan rumah: membabat habis suguhannya. Heibbaat tenaannn he..he.. Iki menghormati opo ngerampok yo? BTW, alamate ngendi koncomu kui Jeng? Aku yo tak mrono, sapa tau disuguhi pisan. Ngko tak hormati ne kikikik...

rossari said...

dodol nya dodol jepang tuh hehehe

kenny said...

@ suhaemy, wah..ngurangi jatahku ki
@ pasya,hehehe..boleh jg usulnya
@ kawula alit, dasar cah kemproh..wes gak sido tak jak mertamu =)
@ joni, sory aku bukan tipe org yg suka menyindir..;)
@ ely, sama jeng..tp emang slalu gitu dulu malah pernah bawa air botol dari rumah buat jaga2 ;)
@ hedi, oya...silakan pulang klo aku gitu hahahahah...
@ dirac, mo makan ambil sendiri jg, wah...mertamu yg ada pisan nya aja ;)
@ budhe,hayah...luweh gak sopan iki meh ngrampok golek bolo =)
@ rossari, lho nyangkut neng? hehehe iya jenang dudul jepang

Ny. Satya said...

Waduh, kasian deh sama anak-anak jadi haus nunggu wedangnya keluar lama banget. Seharusnya ada wedang sama cemil-cemilan dulu ya ntar baru makan yg berat2. Kasian sama tamu. Hehehe..

amethys said...

hehehehe....wedang...klo disini kadang aku bawa sendiri...jadi masuk rumah orang sambil bawa minum....jadi ngga ngerepotin...klo di semarang aku ke tetangga bawa minum mereka tersinggung.....(aneh yah??)

elly.s said...

halah Ken jadi inget crt dikampus dulu. Ada mahasiswa Mlys yg (naksir kali sama gw) maen kerumah. Namanya kita manusia beradab dan bersopan santun he he he, langsung aja tak keluarin minum..Eh dia malah nanya apakah aku nggak suka dia datang..
waktu aku tanya kenapa dia bilang kalo dikamungnya tamu cepet2 dikasi minum tandanya ngusir ha ha ha...
jangan2 temenmu itu sekampung sama temenku....

Kristin said...

Wew kalo gitu ogah ah ikut bertamu kesana mi... takut pingsan doloan hahaha...
tapi mang gitu ya biarpun sama² asia beda culturnya msh ada;))
bisa belajar jg neh dari pengalaman kamu... (sapa tau ak nyasar ke malay) jadi kl ga cepet² di suguhin akunya ga cepet ngambeg huehehe

senja said...

emh, lucu ceritanya...ada2 ajah. btw, salam kenal

pitik keluwen said...

suguhane kok enak2 bude?mbok aku nek arep mertamu di ajak...lumayan memperbaiki gizi...

kenny said...

@ ny.satya, nah..maunya jg gitu jeng, makasih dah mampir salam kenal
@ amethys, tuh kan beda negara beda persembahan hihihihi
@ elly, wah bener2 tamu yg tahu diri tuh, jgn2 malah sodara tuh jeng
@ kristin,jgn lupa sangu gendul yah
@ senja, salam kenal jg makasih dah mampir, btw kog gak ninggalin link...
@ pitik, halah...dasar senenge kog ngrusuhi wong, pitik..bude seret ki melbu kandangmu...

mata said...

lha pernah dulu njagong (kamu tahu njagong kan ken ?) undangan jam 10 pagi tapi jam 12 lom keluar wedang. ya wes tak tinggal pulang. haus kan ?? ngawur aja tuh

dian mercury said...

laen kali kalo kerumahnya bawak thermos air. sekalian biskit deh hwhehhe...

tapi gila juga itu hidangan. beneran merepotin deh elo hehehe...

maya said...

hidangannya seabreg abreg gitu yah mba', biar deh minumnya telat dikeluarin yang penting pulang dari sana kenyang hehehe :D

kenny said...

@ mata, jangan2 kehabisan air minum bener tuh :D
@ dian, bawa jg tapi habis di perjalanan #-o
@ maya,hu uh kenyang ampe blokek an ;)