Saturday, November 03, 2007

Cuma maen-maen

Lagi serius liat oprah yg lagi ngomongin ttg perkembangan janin diperut hewan, kebetulan waktu itu dipaparin perut gajah ama anjing.
Pantes aja gajah cuma bisa bereproduksi sekali , lha wong masa hamilnya memakan waktu hampir 2th. Beda ama anjing yg sekali melahirkan bisa lebih dari 3 dan masa kehamilannya jg gak memakan waktu lama. Yg heran lagi ternyata anjing yg udah berumur 3-4 bulan (klo gak salah) udah mulai gebet sana gebet sini!!

Eh, sebenernya mo cerita ttg si Ami yg kebetulan waktu itu dia lagi gambar di sebelahku. Ternyata dia jg sempat ngeliat dikit-dikit acara oprah. Tiba-tiba aja dia nyeletuk "Ma..kenapa anjing itu stick each other on the buttock?"
Waduhh...bingung jg ngejawabnya soalnya mak beduduk (=tiba-tiba), gak ngira jg dia sempat merhatiin.
"Iya itu anjing lagi maen-maen aja", kucoba jwb singkat
"Seperti kasihan ma liat anjing satunya, I think that isn't fun but funny".
"Itu bedanya manusia ama binatang cara maennya beda, klo ami sama umi tangkap bola pake tangan, anjing pake mulut. Kalo ami, umi, nami sayang-sayang pake peluk ama cium, anjing cuma bisa kejar2 an atau stick macam itu" (sambil berharap gak tanya-tanya lagi!!).
Dan ternyata berhasil, dia nggak tanya-tanya lagi. Tetapi yg lebih penting lagi smoga jawabanku nggak membuat dia keliru.

Ada saran atau pengalaman dari temen2 yg bisa untuk berbagi??

27 comments:

danudoank said...

susah-susah-gampang atau gampang-gampang-susah kalau sudah ketemu yg spt ini. jwbannya mungkin gak keliru, penafsiran atas jwban itu yg bisa jadi tanda tanya selanjutnya. mau melarang utk melihat atau membaca jg susah yah. bisa jadi parno :d. sayah & ibunya nanda lagi mencoba lewat buku. hasilnya? lagi ditunggu2 juga.

Totok Sugianto said...

saya juga bingung lho mbak.. mau dari mana ya memulai mengajarkan kepada anak tentang perkara ini :D

venus said...

tanya mbilung aja. dia jago soal beginian. anak2nya udah diajarin sistem reproduksi dari mereka masi kecil banget. aku dewe juga bingung mau mulai dari mana :|

mommo said...

wah,,, urusan membesarkan anak memang persoalan yang gampang ya, apalagi membimbingnya untuk menjadi manusia benaran kelak :)

Innuendo said...

*mengundurkan diri..

mbuh

atau jangan2x aku jawab seadanya..mereka sedang kawin lol

de said...

kalo aku menerangkan soal itu. aku bilang sama mrk wanita punya telur, pria punya sperma. kalau keduanya bertemu akan jadi janin dst dst.. trus anakku pernah tanya gmn cara mempertemukannya? ya harus menikah, kayak mama sama papa. untunge ngga ada pertanyaan lagi. kalo jelasin soal binatang jadi lebih gampang. eh mbuh iki bener ngga yo?

crushdew said...

asyik nih denger program parenting...

:::susie::: said...

gw mah paling gak bisa ngasih jawaban spontan gini ke anak2 ... kalau ada papanya pasti gw lempar ke dia .. hihihi .. susah banget menghadapi pertanyaan anak2 yg polos gini emang .

endang said...

kalo aku sih menerangkan apa adanya Em...hampir seperti yg dibilang dena.Bahwa mereka sedang ingin punya keturunan dan begitu caranya, menyatukan alat kelamin masing2,untuk mempertemukan sel telur dan sperma, tapi untuk manusia harus melalui berbagai aturan. Pada saatnya nanti, di kelas yg lebih tinggi akan terima pelajaran yang lebih lengkap tentang hal ini. Tapi manusia tidak bisa begitu saja melakukan spt binatang karena ada sopan santun dan agama yang membatasi. Kira2 spt itu yg pernah aku katakan ke anak2.

amethys said...

setuju ama endang dan dena...itu kan sex education....harus ditanamkan sejak dini? supaya anak2 ngga nyari2 sendiri?

mata said...

yah... gimana pinter pinter ngejelasin aja sih ken. apa adanya juga lebih bagus lagi, tapi dengan cara dan perumpamaan yang menarik misalnya. tapi seiring berjalannya waktu toh mereka pasti akan mengerti.

Pinkina said...

wahh gak ruh aku mbok :D

Budi Maryono said...

Aku ngasih komen tapi gak masuk.

Budi Maryono said...

Lho, kok yang itu masuk? Walah, wis lali, Ken. Hahaha...

mei said...

setuju ma yu dena dan yu endang, kita harus menjawab jujur. tapi juga harus d sesuaikan dengan daya tangkap pikiran anak-anak seusia mereka. sebab sex education penting, apalagi nak-anak kita wedhok kabeh em...

aprikot said...

budhe, hrus jujur jawab klo anak kasih prtanyaan, ga boleh ngeles atau dihindarkan, anak seusia ami itu emang rawan dgn prtanyaan2 sprti itu.

*saran ajah* :D

andi bagus said...

apalagi kucing, dia masih muda udah gebet sana juga..

david santos said...

Please!
Send an email to the Brazil embassy your country and report the injustice that the brazilian courts are making with this girl
Release on Flavia’s accident and status of the process.
======================================

The resignation is to stop the evolution. (David Santos in times without end)

Thank you

Ely Meyer said...

wah .. si santos kasih komentar di mana2 ya ? :D

ndahdien said...

saran dari para bpk&ibu akan saya kliping buat bekel brkeluarga hehehe

btw, baru tau gajah hamil ampe 2 tahun.. pantesan susah nurunin berat badan:(

Ely Meyer said...

ngakak aku baca komennya Ndahdien diatas :D

eh ... mungkin aku juga akan gelagepan kalau tiba2 ada anak yang bertanya soal itu ^_^

-Fitri Mohan- said...

belum ngerti aku soal begini. barangkali kalau sudah punya anak sendiri baru paham.

Iman Brotoseno said...

saya sendiri bingung kok sampai sekarang..kok bisa gitu, apa nggak keplintir plintir Mr.Wiggly nya si anjing laki..

rudi said...

maaf mbak, sama gak bisa kasih masukan. karena eh karena...saya belum punya anak.

lierieh said...

Sini deh... nanyanya ma bu guru, biar ntar dikasih solder hehe....Hehe.... anakku belum nanya macem2 Ken, kalee cowok lebih cu-x keknya

Ken, aku dataaaaang siap2 ya.... aku mo ngabisin kue sisa2 lebaran msh ada gaaaa?

kenny said...

makasih semua buat masukannya,

langit said...

duh mbak aku juga masih anak-anak je :D