Thursday, September 18, 2008

Ritual sbl bobok

Bagi ibu-ibu yg punya balita(biasanya) atau diatasnya pasti punya ritual khusus sbl bobok'in mereka, mungkin ada yg bacain buku, senandung, ato sekedar ngelus-elus kepala. Tergantung ama permintaan dan kesukaan anak masing-masing.

Kalo jamanku dulu(waktu masih umbelen, prengus pisan) biasanya aku minta dikelonin almh. ibu sambil mainan(maaf) punting nya. Sebetulnya udah agak besar, jg klo gak salah hampir kls 5 sd trus agak berkurang(terpaksa) saat ibu mulai kluar masuk RS.


Begitu jg ama trio kwek-kwek u, mereka punya ritual juga meskipun berbeda-beda. Ritual sbl bobok mereka dimulai dari selepas berhentinya ASI sampe dengan waktu yg tak tentu(terserah mereka sendiri).
Ami , Sbl bobok baca doa, cium papa-mama,bilang oyasumi trus mesti pegang tangan (terserah pegang tangan aku/suami) , sampe skr masih meski agak kurang tapi krn boboknya sama Umi yg gak mau dipegang tangannya jadi lebih sering peluk guling.

Umi, sbl bobok baca doa, cium papa-mama, bilang oyasumi, trus pegang puser(sendiri) sambil buka mata sampe liyer-liyer. Meski udah pules, kadang disela-sela tidurnya masih jg ngerogoh pusernya. Sekarang pun dia masih suka pegang puser klo ada kesempatan, makanya dia lebih suka pake t-shirt +skirt/ pants ketimbang pake dress.

Nami, namanya ragil ya pasti ada special dikit(otomatis) termasuk ritual boboknya. Biasanya baca doa, Yaa Allah oyasuminasai , mama oyasumi, i love u mama, good night mama (mesti dijawab semua!) , ciummmm...., trus minta dinyanyiin (balonku, cicak2 didinding, tik-tik-tik bunyi hujan, kereta kuda, pelangi,bintang kecil, pada hari minggu, dll, selalu aja tanya ada lagu baru gak??). Abis itu minta peluk, klo msh blm ngantuk ganti pegang ketek, blm bisa lagi ganti dia yg peluk aku sambil pegang ketek. Klo dia udah bilang "ma..nami gak bisa tidur cepat", itu tanda-tanda dia dah mulai mo bobok. Klo udah aku jawab, "gpp, tidur pelan-pelan" gak ada 5 mnt pasti dah Zzzzzzzssss.....zzzzssssss, finally!!.

Gimana juga ama temen-temen yg punya balita/anak kecil, ada ritual khusus buat mereka? ato bahkan pengalaman pribadi yg bisa bikin malu buat diceritain , share dong ah :D

26 comments:

Bulan Luka said...

Aku lupa ritualku sebelum bobok waktu balita dulu, maklum, ra ketunggon. Sekarang yang kelihatan ya bungsu kami si Gigih: minta dibacain buku apa aja, lalu dinyanyiin lagu balonku ada lima tapi warna yang meletus berganti-ganti (gak boleh hijau melulu), trus minta diisik-isik, terus ngusir: sana, Bapak tidur di depan tivi, aku mau tidur sendiri!

wempi said...

kalo wempi cuci kaki dulu,
kata mak ku dulu supaya gak ngompol, hahaha

Anang said...

wah kalo aku cuci muka kaki.. trus tidur... eh minum susu,,, kan lagi program penggemukan badan

Evi said...

nasywa harus dikelonin trs ngedot dulu, lalu berdoa klo belum bisa merem juga nyanyi macem2 kyk nami itu (mboknya sampe capek...) klo pas mboknya pake daster ada kancing depan mulai deh rogoh2.... trus mulai gatel2 minta garukin sana sini (tanda2 dah nyaris merem) betul ga lama kemudian Zzzzz....Zzzzz....

Since-Yen said...

Ritualnya aku??..... begitu kecium bau bantal langsung buzzzzz.... 'gak pake basa-basi lagi :D

nie said...

aku kalo ga bisa bobo, dengerin lagu hehehe, kalo ga suka peluk lan hehehe

try said...

waktu kecil kan saya minum susu di dot sampe SD heheh..dan ritualnya adalah minum susu sambil pegang2 udel hahahah..abis itu ketiduran deh.Sampe sekarang juga klo mo bobo masih sering pegang2 udel nih, mbak heheh..:p

aprikot said...

sampai skrg aku ga bisa tidur tanpa selimut dan hrus krukupan dr atas sampi kepala, macam mayat kalo mamak aku bilang budhe

Multama Nazri said...

waduh senengnya bila ada balita ya...ada-ada tingkahnya...klo saya ga ingat lagi mbak gimana dulu...soalnya masih kecil....hehe
met kenal ya mbak

ndahdien said...

paling ga' bisa nidurin 2 ponakan yg suka grepe2, satunya suka nguwes-nguwe rambut yang satunya suka ngelus-elus siku/telinga. walah yg ada tantenya ga bisa tidur krn geli.

wkurniawan said...

aku inget (alm) sepupuku, suka megangin daun telinga... geli juga saat gantiin ibunya semalem hehe...

primaningrum said...

alifah kalo mau tidur harus pegang saputangan waslap handuk yg kecil,... hehehehe, trus sembari dibacain buku. bukunya harus dia yang milih.

kalo balqiz, ngoceh bin ngomel, sembari nyanyi nyanyi sendiri baru bisa tidur.

dannnn,.... pssttt pas aku kecil keik umi thu (huaahahahahaha)*memalukan*

Caroline Sutrisno said...

klo aku dulu suka ngenyot jempol... sampe jempolnya dijamoni (dikasih jamu) tetep aja dikenyot... padahal
sekarang klo disuruh mbaleni yo amat sangat wegah... lagian apa enaknyaa yak??? :P

Darkpuccino™ said...

wah saya blom punya balita nih mbak. hehe... :P pasti trio kwek2 seneng tuh mamanya sslalu etia menuruti segala ritual2 mereka :)

timur matahari said...

klo kebiasaan aku sangat buruk sekali..
merokok dulu baru bisa tidur..
he..he

timur matahari said...

klo kebiasaan aku sangat buruk sekali..
merokok dulu baru bisa tidur..
he..he

elly.s said...

siti selalu baca doa, kiss bundanya n ayahnya..lalu minta di pok pok mpe merem
pok pok maxutnya ditepok2 punggungnya atau pantatnya sampe dia pules....

meme story said...

lucu..lucu bgt.. ya....

endang said...

nggak ada yg khusus....apalagi skrg udah gede2...

mercuryfalling said...

aku punya balita neh...ritualnya kalo mau bobok, megang2x mimik

*ngacir

novnov said...

anakku sebelum bobok mesti pegang2 rambut dulu hehe, makanya sekarang rambut ku dipotong pendek...

ebeSS said...

lek ritual . . kudune lak crita samurai sih ken . . . la kok arek2 cilik malahan . . . pingin eruh sing sing dicekel udele sapa . . . .
ken, aku sak brayat njaluk apura njaba njero . . . lebaran mulih gak

elyswelt said...

nonton TV donk :P

Ayik dan Ernut said...

Anakku yang pertama bebas dari ritual aneh sebelum bobok, anak yang kedua...walah...ngemut jempol sambil pegang-pegang siku..."uwil-uwil" istilahnya...Kadang aku bertanya-tanya...bakal hilang ndak sih kebiasaan itu ntar kaluk udah gede? (ernut)

yossy hamdan said...

Kalo 3jagoan-ku, mulai dari Naufak, Diaz n Aqsha, pada rebutan sebantal sm emaknya ini, jadi tidurnya gak searah,yg penting kepala kita masuk satu bantal.. hahaha

Pinkina said...

nutup kupinggggg........soale dulu waktu kecil kupingku pernah kemasukan semut :)) sampe skrg kadang masih kebawa, tidur miring, kemudian lengan yg posisinya di atas buat nutup kuping :D