Thursday, July 31, 2008

Jawi oh jawi....

Akhirnya selesai jg bantuin Ami ngerjain Pe er agama, nerjemahin tulisan arab ke bhs jawi. Cuma 1/2 halaman itu jg udah mulai aku kerjakan tadi malam tapi baru aja selesai. Lemoott?? yareennn, buat aku udah suatu kebanggaan dan kepuasan tersendiri (halah!!). Gimana tidak?? dulu jamannya aku sekolah gak ada pelajaran jawi di agama(ke' nya hampir disemua sekolah inpres ga ada ya) paling jg hafalan, nulis Qur'an. Lha tiba-tiba aja disini disuguhi ama tulisan arab gundul diterjemahin ke bhs melayu.
Pak Dhe yg notabene lancar Quran aja dulu sempat mupeng jg waktu dimintain tolong buat jawi.

Meski hanya ada 1 kata yg tertinggal tapi teteup aja bikin garuk-garuk udel (he hehe, id nya sapa ya?), harap-harap dimaafken .
Nih klo mo ikutan mupeng boleh dicoba sendiri, hasilnya bisa diserahka ke ibu guru secepatnya buat dicocokin getuuu :D

27 comments:

dhie said...

hehehe.... sama dunk, dhie juga ndak isa baca arab gundul. ;)

Anang said...

itu doa apa mbak.... saya hanya bisa mengamini......

amin... amin... amin ya robbal alamin.. alhamdulillah...

jadi inget ada TKI baru di arab... alkisah waktu itu ada orang arab mau nanya arah jalan pake bahasa arab.... cas cis cus ngomong arab, si TKI bilang.. amin amin... amin... dikiranya doa apa!!

kenny said...

@ anang, inget cerita apa inget pengalaman sendiri?? :D

Bangsari said...

jadi inget pelajaran di madrasah sore dulu. tapi kalo yang ngerjain ibunya ya yang jadi pinter ibunya dong. hehehehe

endangcinta said...

halah, aku ga pernah bisa Arab gundul gitu.......salah mulu bacanya

Mufti AM said...

Andai ada yang jebolan pesantren pasti bisa mbak, wong itu makanannya sehari-hari.

precious gift said...

walahhh... lha wong baca tulisan arab yang ga gundul aja ga bisa apalagi yang gundul? hihihi...

mercuryfalling said...

you dulu SD inpres ya, makcik ? sama donk hihihi dulu guru agamanya sering banget nyuruh kedepan buat ngapaln surat2x dari alquran

meme story said...

wow... keren..... ajarin dunk...

Elys Welt said...

ra mudeng aku :D

Luigi Pralangga said...

Wah kalau saya disuruh mbaca tulisan itu - bisa2 jadi gundul beneran rambut ini :D

BUDI MARYONO said...

Arab yang brewokan aja susah, apalagi yang gundul. Hwakakak!

wku said...

ntar kalo anakku ada PR ginian trus piye yo??? ah tidaaakkkkkkkkkk....!!!

m said...

itu doa apa mantra ????

mata said...

kalau ditransfer ke hanacaraka bisa ndak ken... :p

Vidy said...

Walah Mba... Arab dan Jawi... Gile *keblinger*.
Mantep nih, Mba Kenny bisa translate begitu... ^_^

t i n i said...

Kalo arab melayu masih bisa. Tulisan arab gundul tapi bahasa indonesia.
Kalo bahasa arab, saya nyerah aja lah.

Wah keren ya kalo anak pinter bnyk bahasa.
Jadi pingin merid antar bangsa nih. Ow ow..

amethys said...

emang dikau mudeng jeng em?

aku??? ndak mudeng blas..malah kebayang kritingnya rambutnya kriwil.....kaya tulisan arab gundul

elly.s said...

diMalaysia bahasa melayu yang pake huruf2 arab memang disebut jawi..

Ibuku bilang jaman doi dulu ada...
misalnya cerita kancil yang dlm bahasa Indonesia tp hurufnya doang huruf arab..

ada kaedah khusus Ken..
tapi kalo kita bisa baca Alquran mayan..bisa juga dikit2 mbaca jawi ...
walaw dengan sedikit mumet kayak kt kamu ituh...(pengalamaaaann)

ndahdien said...

sik sik.. tunggu jawaban dariku bulan depan, siapa tau bulan depan ga' gundul lagi.
*maaf bukan alumni pondok pesantren, hanya pesantren kilats:(

Evi said...

baca yg ga gundul aja setengah modyar kok! :(
budhe hebat tenan! sopo sik,ya ga?

~ tc ~ said...

alhamdulillah, dulu pas sma belajar arab gundul... dan alhamdulillah sekarang udah lupa lagi

heiheihiehie

venus said...

nyerah kalo arab gundul :D

ario saja said...

emang bahasa jawi ikut bahasa PBB juga ya mas ??

MedanBlogger said...

arab gundul atau arab melayu sih inang bawa sini tak baca :)) ixixxiix entenggg kecil tapi jangan bhs arab yah tulisannya ajah yang arab :))

ponakan said...

hiihhi itu mah bukan arab gundul, tapi "arab saksi", huruf arab yang dipakai menulis untuk bahasa melayu. disebut "arab saksi" karena fungsi "harakat" digantikan dengan salah satu huruf ijaiyah. "fatkah" digantikan huruf alif, "kasrah" huruf ya, dan "dammah" diganti waw. kayaknya, di sumatera, terutama dari riau ke arah aceh, setiap anak madrasah ibtidaiyah sudah mahir membaca huruf semacam itu, sebagai bahasa wajib ketika belajar.
Jadi, dengan prinsif di atas, membaca "pe-er" itu sebenarnya gampang, budhe emi. cuma kok ada kata baisikel, hhihhiihi.. terus, masa "ayah saya seorang guru", padahal kan jagoan samurai ya, hehehe...

kenny said...

@ ponaan, crigis ah :P