Friday, February 16, 2007

kunir asem

Selama tinggal disini aku punya langganan warung makanan jawa kebetulan yg jual orang jawa juga. Lumayan buat ngobatin rasa kangen makanan jawa (meski bukan masakan simbak).
Ada gado2, rawon,bakso,soto ayam, mie ayam, pecel lele, gorengan(mendoan, perkedel jagung), ikan pepes.
Malah beberapa hari ini ada tambahan jual kunir asem botolan.
Meski warungnya nggak gede-gede banget (nempel dirumah ) tapi sudah punya langganan tetap para pekerja (TKI), pelajar(USM), dan ibu rumah tangga(tms aku).
Selain harganya yg biasa (utk ukuran ringgit), rasanya pun dijamin…..rasa jawa!!.

Tapi kali ini bukan ngomonging ttg makanannya(duh…ngiler sendiri nih), tapi kunir asemnya.
Bukan orang jawa ya klo nggak pernah nyoba jamu(mosok sih??). Kebetulan aku penggemar jamu dari kecil, kata orang tua dulu…minum jamu biar keringet gak bau, daleman jg singset (jeroan kaleeee), jadi peret(buat yg udah berkeluarga), perut susut, yg utamanya badan jadi sehat,kuat, seger,de el el.
Meski udah tahu banyak khasiatnya tp kog ya males2 an minum jamu. Sering kali milih jamu instannya (3 in 1), resiko jamu instan rasanya jg nggak ganyeng(mantab).

Nah waktu kemarin liat Tumeric juice (nama keren kunir asem), akibat promosi hebat si penjual +rasa kangen ama jamu gendong (terakhir liat waktu dijawa jadi jamu onthel) ditambah lagi gambar wong ayu dibotolnya jadi tergoda juga juga beli. Sambil ngarep-ngarep siapa tahu klo minum bisa secantik gambarnya(ngimpi). Sampe dirumah langsung nyoba..wah….jos gandhos…muanteb buanget!! Bener kayak jamu gendong malah lebih enak menurutku.

Berhubung satu botol cuma 1/2 lt , maka 3hr pun dah habis. Menurut aturan minum yg tertulis, 1botol buat sehari padahal harga sebotol Rm 10 (hampir rp 30rb). Lha kalo sebulan penuh rutin minum 1bt/hr yo jelassss singset uang blanja tp blm tentu susut lemak nya. Oalah mo cantik aja kog mahal :D.
Makanya waktu ditawarin lagi , kubilang iya…enak mbak, tp skr aku udah mulai nyeduh jamu sendiri (halah padune, heheheh).
Mendingan buat beli jus+susu trio kwek2, drpd buat cantik emaknya yg jelas-jelas udah pancet dan poll ayune :D.

17 comments:

pitik anti jamu pahit said...

nek wong lanang ngombe sari rapet...sing rapet dadi apane yo?opo terus ga iso ee' yo?wah gawat...

elly.s said...

dear kenny: wah aku paling nggak suka jamu ken...
Pait! Untung mertuaku yg Jowo jauh kalo deket walah mati aku!
pernah waktu lahiran sisulung mertuaku dateng..Gusti...tiap pagi aku disuruh nyrupuut jamu...weks..

Jadi pas lahiran 2, 3, 4, dia dgn sedihnya bilang nggak bisa dateng..horeee!!! Selamet aku!

jt said...

kalo dijakarta yang banyak bukan galian singset, tapi galian kabel. Galian kabel pun bisa dibagi lagi, kabel telpon apa kabel listrik Kabel telpon masih bisa dibagi lagi... Jan...., bancakan proyek.

venus said...

kamu gak cantik2 amat kok, ken. tapi bojomu pancen 'sehat' tenaaaaann..huahahaha...

kenny said...

@ pitik, mending iso bb...kentut aja susah :D
@ elly, pasti tutup hidung tutup mata ya jeng
@ jt, wah...jamu itu gak bikin singset tapi bikin melar kantong:D
@ venus, husshhh...durung puas po ngakak'e?? :P

endangwithnadina said...

lha aku durung ngombe jamu wis ayu...hahahhaa, ge-er bgt yo...nggawe dewe wae jamune...

sinceyen said...

Aku sukanya itu lho, jamu campuran wortel, tomat dan nenas, ehh... itu jus?? Hihihi... :p

Septian said...

saya sukanya beras kencur aja, huahua.....sekarang udah ga pernah minum jamu lagi. Tapi beras kencur tuuh paling enak, karena paling manis....

pembeli jamu said...

Em,ono rak jamu tolak miskin sama jamu awet kaya....kalo ada pesen masing-masing 10 botol yo...xixixi

dian mercury said...

giling kunyit aja, suruh embak. sekilo dpt banyak

kawula alit said...

neng cedak kontrakanku ono sing dodol jamu dhe... kolesom, gingseng karo rica asu... khasiate opo yo...?

kenny said...

@ endang, rahasianya apa sih cantik tanpa jamu :D
@ sinceyen, hehehe..enak lagi yah
@ septian, haaaa...itu sih buat anak2 :P
@ nyak melanie, ada nyak...nabungnya ditambah ya :P
@ dian, ntar nggak joss gandhos
@ kawula alit, dicoba sek le...trus laporan budhe yo :D

hery said...

Aku pilih galian pipa eh salah galian singset wae

DenaDena said...

Pingin dadi koyo Normala Shaidan po?

mei said...

ken, bikin aja sendiri..gampang khok..cuman ya klau mau tangannya gak kuning ya pake sarung tangan..habis upara marut kunyitnya khan bikin tangan nggilani...

joni said...

aku juga suka minum jamu, kalo sedang masuk angin, jamu angin dan jamu sehat.

Bangsari said...

jamuku jamu mung antangin, gampang mriangan je.

apa ndak ada jamu khas malaysia gitu?