Wednesday, February 07, 2007

Mertua

Ada kabar klo mertua kemungkinan mo datang kesini, kangen ama mantune yg paling manis (mantu laennya co semua sih :D). Sudah lama juga beliau gak kesini, klo gak salah sejak Nami umur 1bln. Dag..dig..dug…jg soalnya dah lama gak komunikasi secara langsung, jadi udah lupa bahasa tarzan+ bahasa Pak Tino Sidin :D.

Cerita dikit ttg mertuaku, meski umurnya udah 71th tp masih seger, sehat, kulit jg terawat, klo sakit paling cuma pegel aja yg hebatnya lagi daya ingetnya masih tajam (jauh banget dari tanda pikun ). Padahal kebanyakan orang tua di Indo klo umur segitu pasti dah kedatangan macem2 penyakit.
Memang bener yah klo otak sering dipake justru lebih tajem, lebih tahan lama, tahan banting dan tahan karat (besi kaleeee).
Selain hobi nulis, nggambar, masak,nanem bunga, bersih-bersih…pokoknya ada aja yg mesti dikerjakan. Termasuk kertas2 yg gak pake bisa jadi korban ke kreatif an tangan beliau (smoga nurun ke cucu2 nya…amin).

Ada cerita lucu ttg mertuaku, eh…kualat gak yah ngomongin yg lucu2 ttg beliau? Dikit aja gpp kali yah (*ngeyel +mekso mode on).

Kejadiannya sudah lama banget (waktu pesta nikahku di Semarang). Sodara2 yg baru kali itu ketemu ama mertua ngajakin tidur dirumah, eh..mertua malah seneng banget trus ngineplah 1 malam. Padahal aku dikit kuatir klo beliau susah nyesuain kondisi rumah kampung.
Nah dimulailah drama komedi nya, waktu mo mandi mertua bingung..…bak mandi mo dimasukin (dikira bathup oiiiii) bisik2 ke anak nya bathup nya kog dalem banget susah mo masuk katanya. Sehabis dijelasin ama anaknya ikutan ketawa beliau, trus gak jadi mandi, dingin banget.
Pas waktu tidurnya….sebagian udah pada ngiler+ngorok, tiba2 dikejutkan ama jeritan mertua….langsung semua pada bangun dan lari ke kamar mertua.
Kami liat beliau udah berdiri diatas kasur, ealah….ternyata ada cecak!!
Paginya beliau bilang bisa tidur (ngayem ayemi tuan rumah) pdhl klo liat matanya kliatan capek kurang tidur.

Waktu acara pestanya, kebetulan mertua pake kebaya(oalah...luwes banget ngalahin orang jawa asli). Dasar suka maen jepret yah, meski gi ndampingi pengantin eh.. ikutan njepret juga!!
Tapi jangan tanya gimana klo mertua jalan pake kebaya...duh..ngeri...mosok jalan kayak ghost nya film cina, jungkit-jungkit(sedikit lompat2 gitu). Tamunya kog malah pada seneng ngeliatnya, bukan seneng liat pengantin nya bo!!

Kejadian yg kedua di Penang, waktu Ami hampir berumur 1th. Kebetulan tinggal di apartemen yg punya taman lumayan cantik. Mertua suka banget ama bunga, nah waktu itu bunga ditaman lagi pada mekar2 nya.
Sambil dorong cucu , pake topi, bawa tas, pake sepatu+kamera, pokoknya penampilan ala turis deh (lha emang turis…). Dengan semangat 45 dan percaya diri 110 % sesampe di taman jepret sana-sini, dari kembang kemboja , kembang tembelek, sampe bunga putri malu. Pokoknya ngalah2 in fotographer professional deh.
Sorenya waktu suami udah pulang, beliau sempat tanya…ini film kog gak habis-habis yah, lagian kog suaranya agak-agak aneh gitu.
Ealah…ternyata lupa gak diisi film!!
Meski trus pada ketawa tp kasihan jg ngeliat wajah mertua yg dikit kecewa, besoknya langsung deh beli film 4roll, dan kali ini jepretannya berhasil.

Ada seneng, ada susah juga klo mertua datang…senengnya bisa gantian masak, ada temen ngopi klo pagi ama sore, ada temen cerita klo ada drama jepang(pdhl susah ngerti juga:D), bakalan byk pernik2 dirumah, ada temen belanja (ini yg bikin pening suami). Soalnya mertua gak tahu klo harga barang sana yg dijual disini harganya hampir 3X lipatnya, tahunya sama murahnya!!. Yang paling enak ada yg ngebantuin klo gi protes ama suami.
Gak enaknya….karena mertua gak suka diem, dijamin ada gangguan diacara ngeblog(pekewuh dikit gitu loh)....paling nggak mesti nemenin beliau utak atik…(eh..nge blog kan utak-atik jg ya) jadi…gak masalah dunk, ato mertua diminta nungguin aku klo gi ngeblog aja yah?? :D

Smoga aja rencana beliau datang kali ini terlaksana, mertua ku seorang, mertuaku sayang….

26 comments:

mei said...

mertuaku 2nya sudah almarhum jeng, sang Bapak meninggal pas aku pacaran sama mas, trus ibu meninggal pas aku lagi hamil adek.

hanya sedikit yang aku ingat tentang ibuku mertua, bahwa beliau orangnya sabar, penuh kasih dan mukanya mak plek sama ankku*lha iya, secara muka suamiku juga mak plek ma dia-hehe*

semoga terlaksana ya jeng, dan semoga menjadi hari2 yang menyenangkan buat keluarga...

btw, mendung gelap gulita euyyy...

Amang-Inang said...

uihh enak yahh yang punya mertua :D .Klo ak calon mertua pun dak ada

pitik butuh mertua said...

mbok aku dicariin mertua gitu lho...sing punya anak wedok tunggal, kaya, trus siap meninggalkan warisan yang buuaanyyaakk..

venus said...

wah senengnya bakal ada tamu. muliakanlah mertuamu seperti kamu memuliakan ibumu *halah sok bijak bestari padahal bocor weee*...

emang suami orang mana sih, ken?

bu guru said...

maklum mertua sipyit kan suah lht taman di sono...ajak ngeblog ae budhe mertuamu kan funkeh tuh...

eh eh msh ada sisa anak sipyit yg ok punya ga budhe :P *mau*

kawula alit said...

kapan aku duwe mertuwo...

WiedHa said...

Bagus.bagus klo ada rencana dateng.. tunjukan nak... menjadi mantu yg terbaik hihihi.hihihi. Suka beres2x mertuanya yak? asik dung.. iso dadi Bangsawan ( bangsane tangi awan :D )
mlayu... wedi diacung acung peso

kenny said...

@ mei, sayang ya jeng mertua gak bisa ngeliat adek
@ amang, makanya....buka aja lowongan buat nyari calon mertua..(lha kog mertua :D)
@ pitik,lha kog medhuk mempurrrr
@ venus, kekekek syukur yen wes ngaku dewe, dari sono..grup nya samurai(ngakune :D)
@ gita, ah dikau... klo mertua nge blog ngurangi jatah tayangku nu.
@ kawula alit, mengko bengi ngimpi yo
@ wiedha, hueheheh skr pun dah jadi bangsawan :P, untung ada batu enak ngelemparnya

crushdew said...

mbak..mertuanya diajakin dugem ajah!!!

danudoank said...

mbok yaow mertuanya diajarin nge-blog toh bu, jadi entar bisa bikin blog bareng2 :d

Kristin said...

wedew yg mo kedatang mertua rekkk.... mi tak bantuin dag dig dug tah??? khan ak dah tiap hari tuh di temenin mertua (apa hubunganya coba?)

dian mercury said...

bakalan haik haik mulu neh...

doi pasti slim ya ? nebak.com...soale biasanya yg slim yg masih bisa kesana kemari meski udah tua. kayak nenekku. 84 tahun masih kesana kemari. slim

melanie said...

wakakak....pasti loe ntar dikasih yen banyak ama mertua,dirayu wae jeng,apalagi kamu ajakin bikin bonsai...kekekek

de said...

Sik seger to? Salam kenal yooo xixixi..

endangwithnadina said...

diajarin ngeblog aja jeng, dijamin tambah kompak...

kenny said...

@ Crushdew, hyayahhh, ngejak'i kuwalat ki
@ danu, gak dosa yah om haji saingan ama mertua :D
@ kristin,tiap hari ditunggu gak ada rasa lagi yah :P
@ dian, ya slim nya model orang tua heheheh(*mikir dot com)
@ melanie,wediku yen aku sing dibonsai =))
@ De, seger tp wes gak merangsang yu hahahaha
@ endang, ngurangi jatahku jeng

jt said...

mertua saya juga satu. papa udah gak ada waktu kami pacaran. sayang puuol dengan saya. kalo pas kumpul bareng, saya dan esteri suka ngelonin mama mertua. hihihi.

kw said...

hi hi hi... mertua? blm ada bayangan gimana memperlakukan mereka. nanti gimana ya kalau dianggap gak sopan. soale aku orangnya kadang kurang bisa menghormati orang tua.

aku pengen mertua yang funkeh. bisa diajak nonton bareng, ke mal bareng atau main kartu cek bersama.

Bangsari said...

link mertuanya yang mana nih?

bagonk said...

wah... asyiknyaaa...
mertua pulang ninggalin sangu toh...? :P

oon said...

bubar-bubar ada mertuanya yang punya blog ngintip blognya juga xixixi...

Ely said...

aduh..ngakak lho aku baca mertuamu yang moto tapi ternyata nggak ada filmnya, ha..ha..ha..soale pernah ngalami sendiri!

joni said...

oo mertuanya dari sono.. jauh amat dapetnya gimana mbak?
hehe.. ajak bareng aja ngeblognya.

NiLA Obsidian said...

jadilah menantu yang baik ya jeng ken....

ajari seuatu yang baru mertuamu, sesuatu ynag berguna untuk cucu2 nya kelak....
racuni beliau untuk jadi blogger yang baik...heuheuheu....

ntar foto bareng mertuamu masukin blog ya jeng...
biar doi seneng mejeng di sini....

sinceyen said...

Kasi'in digital kamera ama cardnya yang 8GB, biar 'gak pusink2 beli rol lagi, trus beli bunga yang banyak. Dijamin jam ngeblog gak terganggu :D

melanie said...

Rasain loe ntar kalo dibonsai beneran...hehehe...mangkanya mertuanya diajak ngeblog dong biar nggak bosen...hehehe