Wednesday, January 17, 2007

Mbingungi....

Ini cerita ttg pembantuku yg tinggal 2 bln lagi habis kontrak(2th masa kontrak). Waktu masih 1th kerja disini, dia udah bilang ntar mo tambah kontrak. Selain betah kerja banyak temen-temen dia bilang beruntung banget dpt majikan orang sendiri yg baek (yuhuiiii....). Suamiku pun gak pernah cawe-cawe ttg urusan pembokat, percaya apa nggak dia gak pernah nyuruh-nyuruh pembokat. Jangankan nyuruh ngomongpun gak pernah.
Dia bilang..urusan suami ya urusan istri, pembokat itu ngebantu istri (setuju nggak??).

Kembali ke urusan pembokat, memasuki kontrak kerja 1,5th tiba-tiba dia bilang gak jadi nambah, disuruh anaknya yg kecil pulang (dia punya 3 anak 17th, 13th, 7th).
Kucoba sedikit berprovokasi(tanpa embel-embel intimidasi lho)... ...tp dia masih tetep ama pendiriannya. Padahal aku tahu dia butuh uang banyak buat pendidikan anaknya yg udah klas 3 STM.
Bahkan waktu lebaran kemarin dia kuajak pulang, maksudku biar bisa kangen2 an ama kluarganya trus nambah kontrak lagi. Tapi dia nggak mau, dia bilang ntar kalo udah ketemu anak-anaknya malah susah kembali lagi...wah..jian repot tenan.
Akhirnya kukasih waktu berpikir sampe bulan desember sapa tahu berubah pikiran (*ngarep mode on).

Bulan desember pun datanglah...dia tetap membuat keputusan untuk pulang, tetapi sebelumnya dia ngajak omong2 dulu.
" Kak..kalo saya nambah kontrak gajinya berapa?".
" Kalo ikut peraturan agen tambah rm30,00 (sekitar rp.70rb)
"Trus nanti dapat cuti nggak atau dihitung lembur?"
"Ya dapat...mbak Siti(nama dia) jg dapat uang lembur kalo cutinya diganti kerja".
Wah..rupa-rupanya mo berubah pikiran nih..(pikirku..).
Ternyata...
"Kalo kakak mau nambah gajiku 4X dari kenaikan gaji yg seharusnya, aku mau tambah".

Kaget!!...(nggak nyangka dia berani ngomong gitu), soalnya aku merasa segala kebutuhan dia aku penuhi dari ujung rambut sampe ujung kaki, kebutuhan luar sampe dalam(kecuali kebutuhan batin), hadiah plus telpon gratis klo sewaktu waktu mo nelpon kluarganya. Sampai-sampai kebutuhan mendadak kalo anaknya tiba-tiba minta dikirimin uang.

Setelah agak tenang aku jawab..
"Kalo mbak Siti mau nambah kontrak aku cuma bisa kasih segitu. Memang selama ini mbak Siti merasa gak tak openi yah? atau nggak betah ama anak-anak?".
"Nggak kak..betah kog bener, aku kan cuma ngomong aja soalnya temenku yg diatas itu gajinya naek segitu".
Ealah...ternyata provokasi pembantu tetangga lebih cespleng.
"Lho yg diatas itu kan jaga orang jompo, ngurus rumah, lagian gak boleh kluar rumah, makan jg dicatu".

Ternyata besar banget perubahan dia selama aku tinggal mudik(cuma 2mgg). Tetangga sempat melapor jg kalo pembantunya sekarang berubah akibat gaul ama pembantuku. Tiap malam bisa kedengaran hp dia bunyi ( Hp pun diluar sepengetahuanku ). Herannya lagi dia berani bongkar tas dokumen tempat aku nyimpen paspor dia. Ketahuannya sewaktu aku nyari paspor dia buat ngisi formulir. Sampe kemringet nyarinya...iseng tanya dia, eh...ternyata dia simpan.

Akhirnya mesti kurelakan dia nggak nambah kontrak daripada buat masalah.

Nah ..baru 3hr yll dia curhat lagi sama aku, dia bilang ada sodaranya yg kerja di Penang jg tapi pabrik. Rencananya kalo habis kontrak dirumahku dia mau langsung kerja sama sodara (wes lali karo anak'e jebule). Aku cuma jwb..oh..hmmm(dah males banget, ternyata plin plan).
Ternyata dia tahunya gampang ngurus permit kerja tanpa perlu pulang dulu ke indonesia, lah kog meduk mempur....(pasti kena provokasi lageee nih.)
Eh...bener juga, sodaranya bilang permit bisa ngurus sendiri. Menurutku, sodaranya itu ngurus permit waktu ada rame2 nya pemutihan buat pendatang ilegal 2th lalu, jadinya yah gampang.

Setahu dia juga, agen gak perlu tahu kepulangannya...tambah repot nih. Terpaksa kujelasin ama dia...kalo aku ambil dari agen ntar kalo pulang agen jg yg bertanggung jawab, meskipun tiket aku yg beli. Permit nya ntar ditamat tempo sesuai dengan tgl tiket pulang. Dan kalo nantinya tgl segitu dia nggak kluar dari Malaysia terhitung pendatang ilegal.
Kujelasin lagi...bisa juga tanpa pulang dengan syarat majikan tempat nantinya dia kerja sudah pasti mau bertanggung jawab, dan mesti bicara langsung sama agen yg sekarang.

Eh...masih belum jelas lagi.
"Iya kak...sodaraku sudah setuju kog aku kerja ditempat dia".
"Kog sodaramu...nggak bisa, harus majikannya".
"Oh..susah ya, tapi sodaraku bilang bisa kog buat permit kerja sendiri ".
Aduh...bikin gatel rambut bener nih orang.

Waktu aku cerita itu ama suami..eh jadi garuk-garuk kepala heran banget, dia bilang itu akibat arisan para pembokat. Nggak tambah pinter malah tambah bikin repot.
Ternyata niat baek belum tentu baek juga buat orang laen.

31 comments:

bagonk said...

hehehe... gapapa mbak, biarin aja... biar dia belajar dari pengalaman... entah itu baik atau buruk... :)

melanie said...

Ngono toh akhirnya apdet juga bu...kekekek...wis memang mbak/bibi dimana-mana podo wae,emang kalo APP(akibat pergaulan pembantu)malah bikin kacau...qiqiqiq..untung di Jerman aku ngak punya loh...kekekek...lah siapa sanggup rek bayar mahal kepada si mbak....trus nek aku nganggur malah juga senep menghitung hari,wis tak ngumbahi piring disik..hadohhh wiss malah rak nyambung...kekekek

dian mercury said...

ngeyel si embak. mau dibiarin, kasian. dikasi tau, ngeyel.

elly.s said...

dear kenny: senengnya kamu ada yg mbantuin selama ini ken...Aku yo gini semua dikerjain sendiri..tapi itu ken...puaaas...n merdeka...mau brenatakan n mau kinclong hasil tangan sendiri n bisa babar blas ngesun suami kalo pulang kerja nggak harus masuk kamar dulu he he he....

Mbilung said...

cari yang baru budhe? bulan depan saya nganggur, draft kontrak bisa dikirim lewat email saja ... :D

mata said...

mata juga mau,..
ngga digaji juga mau... wes suruh apa aja juga mau asal dapet makan aja... hahaha kek piaraan :p

jt said...

kakak mau pembantu lelaki ndak kak? :)

kawula alit said...

dadi ono SPSI ya dhe..?
Serikat Pembantu Suka Intimidasi..?
ada pepatah negri maroko..
tidak ada asap tanpa api..
ojo ojo keruwetan iki ono sebabe... jajal takon pakdhe.. alon alon nakonine..

lagi nyari kerjaan said...

Wes Jeng, aku ae gantine. Btw sing gatek kui kepala toh? ?Bukan yg laen khan? kekekek

kw said...

:) hmm mungkin sabar juga pilihan bagus.

bebek said...

perbedaan bahasa tuh... jadinya si pembokat ga ngerti maksud mbak kenny... makanya ikutan nimbrung pakek bahasa pembokat... jangan pakek bahasa majikan dong :p
NB : sesama pembokat lebih dapeet dipercaya... mungkin itu pepatah yang dipegang pembokat mbak kenny :p

kenny said...

@ bagonk, pdhl dia udah pernah ngalami yg gak enak jg lho..
@ melanie, pernah punya pengalaman pahit ama pembantu jg yah?
@ dian, iyah ngeyel kayak babat :D
@ elly, hehehe tahu aja....klo mo ciuman mesti masuk kamar dulu
@ mbilung, mata, ditunggu aja surat panggilannya :D
@ jt, kacung??hihihih
@ kA, mengko pakdhe tak bisik ane sing mesrah...
@ dena, wes apal ambumu yu seiki :D
@ kw, masih sabar sampe hari terahir dia kerja disini
@ bebek, tahu gitu ikutan nimbrung ama para pembokat yah biar bisa tahu bhs mereka :D

venus said...

halah. kok ruwet banget to yoooo, yooo :P

mei said...

pembokat juga manusia..halah..ya gt tuh jeng, kita udah baik merekanya malah ngelunjak..makanya aku juga kadang bingung, maunya apa itu para pembokat....udah syukur to yo dapat bos yang baik, gak cerewet..di kasih ati njaluk rempelo tenan!!!!

Ekcel said...

Wah jeng Mie, refot jg yaks klo nanti gak ono mbak pembokat.
Trus piye ki...
Wes dikerjain ma anak2 en suami ajah jeng. Bagi tugas en kerja bakti bareng ..:):)

Btw, si tina nicknya jg tina jeng.

Kristin said...

Walah jadi ikutan binun jg bacanya... lah dpt bos yg baik malah pengen yg laen... udah mie cari yg baru kl lom dpt terpaksa deh jam tayang di ym di kurangi hehehe

danudoank said...

punya pembantu bingung, gak punya lebih refot lagi ya bu... sabar bu, urusan pembantu juga kudu sabar :)

NiLA Obsidian said...

mmmm.....
bener laki loe bilang jeng ken....
gara2 arisan para pembokat itu....

yg sabar ya jeng...moga2 dapet gantinya yg lebih baik buat bantuin ngurus anak2.....

bu guru said...

punya pembantu itu emang gampang gampang susah, biarin aja budhe cenil, lah wong sudah dikasih ati kok ngerogoh rempelo, ben ngerti dia nek di t4 budhe luwe enak..ben ae

masayu said...

"medug mempur" he...he.. kui basane ibukku kalo' dimintai uang agak banyakan :D
Sabar jeng... orang kek gitu udah saking pusingnya cari uang banyak! Yang penting dapet uang banyak! eee....bukannya dapet, hasilnya malah ditipu orang!

Ely said...

aku dari dulu kok ya enggan punya pembantu, lebih suka ngerjakan semuanya sendiri, puas, bebas, nggak harus mbayar lagi.

Di jerman juga nggak mengenal namanya pembantu, jadi semua ditandangi dewek jeng, soalnya upah pembatu per jam juga muaahaal sekali, tapi ada hikmahnya kok, orang2 sini jadi biasa mandiri, dari urĂºsan berkebun sampai pekerjaan rumah tangga, seneng tenan, soale pasti ngerjakannya dengan sepenuh hati dan cinta, wong omah2e dewe, coba kalau orang lain yang ngerjakan belum tentu dgn sepenuh hati, blom kalo datang masalah lain, refot dah!! tapi beda negara beda budaya ya Jeng ^_^

~~ Melani Tanti ~~ said...

woiiii apdet apdet....crita charlie angelsmu Em...huehehehe

dian mercury said...

http://mercury-falling.blogspot.com/

itu url ku yg baru hikhik

joni said...

hahaha.. memang kadang punya pembantu bukan malah membantu.. tapi merepotkan... pernah juga ngalaminya!!!

bener kata emak diatas...

Muhammad Mufti said...

Lho, yang ngatur bayaran itu majikan apa pembantu sih. Kalo merasa gak diopeni ya bilang, demo and unjuk rasa sama majikan.

maya said...

ya gitu itu, kalo udah dikasih hati ya trus minta jantung tuh mba' :)

Larasati said...

coba dikasi fasilitas spa gratis...umbah2 ndik kali maksude.

visa kerjanya harus dikensel dulu lho ken, pokoke harus diulihke nek perlu dituntun sampe jejer pilot pesawate.
Kalau enggak tanggung jawab masih di mantan dimajikan.

Memang rata2 do ngeyel, dikiranya urusan imigresen gampang....

crushdew said...

kayaknya acara arisan pembantu ituh TOP BGT sampe bisa bwt acara provokasi segala...

-FM- said...

gaul sama tetangga itu tuh mbak yang biasanya ngaruh. makanya kakakku kalau mudik biasanya ngajak sekalian pembantunya. rumahnya dititipin sama tetangga depan dan samping. beres deh. :D

kenny said...

@ venus, repot tenan
@ mei 'n buguru, reti ngunu kei cakar wae yo jeng
@ ekcel,ngrusuhi yo iyo jeng
@ kristin, ym na kalah saing ama blogwalking
@ danudoank, inggih pak haji :D
@ nila, pdhl aku malah gak pernah arisan lho :D
@ masayu, biar tahu rasa dia
@ ely, iyah jeng..sini kan masih sama ke' Indo pembantu murah gampang lagi dptnya
@ joni, ohh ada pengalaman jg yah :D
@ mufti, yukk demo
@ maya, makanya, mosok jantung ku mo dikasihkan jg..
@ larasati,heheheh, iyah ntar tak anter sampe tak iket pati didlam pesawate
@ crusdew, yoi..cespleng
@ fm, iyah...repot deh punya pembantu gaul

endangwithnadina said...

emang kalo mau minta gaji naik alasannya muter2 dulu...dan bener itu hasil provokasi temen2nya...mana percaya dia omongan majikan, wong pembantu sama majikan kan punya kepentingan berbeda.Dikira majikan cuma mau "ngiket dia ben kerja disitu terus".Wis, biarin aja keluar,tp sampeyan urus sesuai prosedur aja..selebihnya ben dirasakno dewe...kok aku melu mangkel yah...